NPSN :10303229***NSS :2011100003 *********AKREDITASI : A ********Kepala Sekolah : SRI FATMAWATI S,Pd.

Senin, 18 Maret 2013

PENDIDIKAN KARAKTER DI SMPN 1 KOTOBARU

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang perlu ditanamkan sedini mungkin terhadap seluruh siswa. Selain mampu membentuk karakter, melalui Program ini pula, siswa dipandang lebih siap dalam menghadapi dunia di luar lingkungan sekolah.

Tidak hanya segi berbusana yang menjadi perhatian dan sasaran dari Program tersebut, Bersih Lingkungan dan Bersih Diri, juga termasuk ke dalam bagian terpenting dalam Program Pendidikan Karakter yang saat ini sedang berlangsung di SMP Negeri 1 Koto Baru, dimana Sekolah ini menjadi Piloting pendidikan karakter berupa bersih lingkungan dan bersih diri yang sudah berjalan sejak awal tahun 2012 ini. 

Hal itu dikatakan Kepala SMP Negeri 1 Koto Baru Sri Fatmawati, S.Pd kepada Wahana Media beberapa waktu lalu di ruang kerjanya, sekaitan dengan Program Pendidikan Karakter yang menjadi satu-satunya dijalankan di tingkat SLTP di Kabupaten Dharmasraya.

“Program Pendidikan Karakter ini, Tidak hanya kepada Siswa, Seluruh Guru juga ikut menjalankannya, terutama dalam bidang cara berbusana yang rapi serta bersih diri dan lingkungan,” terang Sri Fatmawati menjelaskan.

Ditambahkannya, Sejak Program ini dijalankan di sekolah yang saat ini dipimpinnya, SMP Negeri 1 Koto Baru sudah bertambah kemajuannya. Tidak hanya Kedisiplinan Siswa dan Guru, Adab Sopan Santun, serta pengenalan terhadap Lingkungan Sehat yang sebenarnya, juga telah mengalami kemajuan yang signifikan, ujarnya lagi.

“Kita juga Berharap, Pelaksanaannya kedepan, dapat berjalan lebih maksimal. Dengan Begitu, Program ini dapat dikatakan lebih Sukses lagi,” Sebut Kepsek.
Di SMP Negeri 1 Koto Baru, Program Pendidikan Karakter, dilaksanakan dengan cara Full Day School, yaitu masuk pukul 07.15 pagi, kemudian melaksanakan bersih lingkungan 15 menit, dan membaca Al-quran 15 menit yang dilakukan sebelum PBM. Shalat Dzuhur berjamaah di mushala sekolah dilaksanakan setelah PBM. Sedangkan, Pada hari Sabtu dilaksanakan senam, shalat Duha, dan mentor (belajar Kelompok). (Odri, Sumber Koran Pelajar)